Awalnya blog ini dibuat untuk kepentingan sendiri, agar catatan dan pengalaman penulis terkait dengan Linux dapat terdokumentasi dengan aman, namun jika blog ini dapat memberi manfaat bagi orang lain tentu menjadi lebih menyenangkan



Sunday, January 1, 2012

Linux-Linux Berukuran Mini

Sebagai OpenSource, Linux OS dikembangkan oleh banyak orang dengan berbagai tujuan dan fungsi. Beberapa Linux OS bertujuan memberikan kemudahan dan kelengkapan fitur sehingga ketika digunakan tinggal install dan sebagian besar operasi sudah dijalankan. 
Ada pula yang mengembangkan Linux OS dengan tujuan agar bisa digunakan di media yang kecil, bahkan portable seperti USB Disk sehingga mudah dibawa. Selain itu, Linux OS berukuran kecil juga memungkinkan untuk melakukan instalasi di komputer jadul (IP III ke bawah dengan RAM paling banyak 256 Mb).

Berikut ini beberapa Linux OS ukuran mini:

Tampilan  DSL
DSL mungkin merupakan Linux OS terkecil, karena file .iso nya hanya berukuran 50-an MB. Untuk melakukan instalasi Linux ini sebaiknya kita terlebih dulu mengunjungi official site DSL, karena ini berbeda dengan Ubuntu atau variannya yang bisa kita install dengan sangat mudah.
Download .iso silahkan klik di sini.

Contoh Tampilan Slacko Puppy
Puppy Linux juga merupakan salah satu Linux OS berukuran mini. Release terbaru Puppy Linux (Slacko Puppy 5.3.1) memiliki file .iso sebesar 126,6 Mb. Pengembang OS ini memiliki tujuan untuk menciptakan suatu OS yang mudah dan cepat ketika digunakan.
Base dari Puppy Linux adalah GNU/Linux, jadi benar-benar free (gratis).
Bahkan Puppy Linux bisa diinstall di Flashdisk sehingga kita bisa membawanya dengan mudah dan tidak perlu repot untuk melakukan instalasi ketika hendak menggunakannya. 
Silahkan kunjungi official site Puppy untuk keterangan lebih lanjut.
Download Puppy Linux Edisi release terakhir di sini.

Tampilan Default Slax
Slax merupakan Linux OS modern, portable, kecil, dan cepat dengan pendekatan modular dan desain menonjol. Di samping ukurannya kecil, Slax memiliki koleksi luas sofware bawaan (pre-installed software) untuk keperluan sehari-hari, termasuk GUI yang terorganisir dengan baik dan tool recovery bagi administrator sistem.
Pendekatan modular memungkinkan kita menambah software lain di Slax dengan mudah. Ketika kita kehilangan teks editor, tool networking atau game favorit kita, kita cukup mendownlod sebuah modul beserta dengan software kemudian meng-copy-nya ke Slax, tidak perlu menginstallnya, tidak perlu mengkonfigurasinya.
Selain itu, tujuan awal pengembang Slax adalah menciptakan suatu OS yang portable, sehingga OS ini sangat mudah untuk diinstall di Flashdisk dan bisa digunakan secara penuh tanpa harus menginstalnya di Komputer--meskipun saat ini versi desktopnya juga ada.
Release terakhir Slax (Slax 6.2) memiliki file .iso 200-an MB. Slax dibangun dengan base KDE.Jadi untuk penjelasan lebih lanjut silahkan kunjungi official site Slax dan pelajari manual yang ada. Untuk download release terbaru Slax, silahkan klik di sini.

Semoga bermanfaat

1 comment: